Ngasah Jiwo [ Forum Ngasah Jiwo ISI Yogyakarta]
Kamis, 13 April 2017 | 20.00 WIB | Masjid Al Muchtar ISI Yogyakarta

WhatsApp Image 2017-04-09 at 17.49.29Memasuki pagelaran ke 7 diskusi Forum Ngasah Jiwo yang rutin diadakan setiap kamis malam di Masjid Al Muhtar ISI Yogyakarta, kali ini pembicara yang dihadirkan adalah Gus Irwan Masduki, Lc. M.Hum. Beliau adalah pengasuh PP Assalafy Mlangi.

Mengusung tema “Membaca Pelangi Ideologi”, Gus Irwan yang pernah mengenyam pendidikan di timur tengah akan memaparkan peta konflik politik-religi lengkap beserta ideologi yang bermain di dalamnya. Tentu saja hal ini ditujukan agar mahasiswa memahami peta konflik dalam dan luar negeri yang dewasa ini memenuhi beranda medsos. Sehingga mahasiswa bisa menyikapi secara tepat dalam berfikir maupun bertindak.

Pelangi Ideologi mulai dari kiri ke kanan, puritan ke reformis, hingga munculnya wacana post truth tidak hanya berkembang di kalangan mahasiswa saja. Penelitian yang dilakukan Badan Litbang Agama Semarang maret 2017 menemukan adanya bibit radikalisme di beberapa SMA favorit hingga mencapai angka 10% di jawa tengah.

Hal ini tentunya menjadi keprihatinan tersendiri mengingat ideologi yang harusnya menjadi pendukung kemanusiaan sekarang malah menjadi ancaman bagi kemanusiaan itu sendiri. Mahasiswa sebagai pilar belia bangsa seharusnya bisa mengambil pelajaran atas apa yang terjadi di Aleppo. Penyebarannya pun tidak terkendali, berbagai macam ruang sudah terjangkit mulai dari media sosial hingga organisasi Rohis SMA.

Perbedaan adalah kekayaan, jika ideologi bisa bersanding harmonis layaknya pelangi. Yang menjadi semuanya memburuk adalah ketidakdewasaan dalam menerima perbedaan. Ini menjadi tanggung jawab bersama untuk membuka pikiran, menelisik lebih dalam, tafakur, dan memahami batas tipis antara berjuang atau terobsesi.

Forum Ngasah Jiwo ISI Yogyakarta, mengundang semua yang berkenan membuka pikiran dan berdialog sehat untuk hadir dalam diskusi terbuka “Membaca Pelangi Ideologi”. Terbuka untuk pelajar maupun masyarakat umum, gratis, dan bonus kopi.

Kehadiran anda adalah secercah harapan menuju Indonesia yang lebih berwarna.
Forum NgaJi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s